Sekjen Kemhan Pimpin Focus Group Discussion (FGD), Bahas Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara


 
Jakarta – FBIPOST 


Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto memimpin kegiatan Focus Group Discussion (FGD) terkait rencana pemindahan Ibu Kota Negara di lingkungan Kemhan tahun 2023, di Gedung Nusantara Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (23/8).

Dalam rangka menghadapi pengembangan kawasan Ibu Kota Negara baru, dirasa penting bagi Kementerian Pertahanan untuk mempersiapkan diri dan mengantisipasi dampak-dampak, baik positif maupun negatif dari pengembangan kawasan tersebut. Kegiatan FGD ini bertujuan untuk memaparkan prediksi dampak pengembangan IKN terhadap wilayah sekitar, perubahan iklim dan pengembangan wilayah serta antisipasi dari semua elemen yang terlibat, baik Pemerintah, Kemhan dan TNI.



“Diharapkan rapat FGD ini dapat menghasilkan suatu harmonisasi, update informasi perkembangan terakhir dari penyiapan rencana pemindahan Ibu Kota Negara di lingkungan Kemhan tahun 2023, serta memiliki gambaran tentang potensi ancaman dan tantangan pertahanan negara di Ibu Kota Negara,” kata Sekjen Kemhan.

Sekjen Kemhan juga mengharapkan Ibu Kota Negara yang baru ke depan memiliki identitas bangsa dan infrastruktur pertahanan yang kuat serta mampu membuahkan peta strategi yang tepat yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah maupun seluruh pihak yang terkait lainnya.

Kegiatan FGD ini diikuti oleh Pejabat Eselon I, II dan III di lingkungan Kementerian Pertahanan, Pejabat UO Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara, serta menghadirkan narasumber dari berbagai ahli, yakni Guru Besar Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan Institut Teknologi Bandung Prof. Ir. Djoko Santoso Abi Suroso, Ph.d., Dosen Sedimen Tologi / Strati Grafi dan Tekto Nika / Geologi Struktur UNDIP Dr. Ir Andang Bachtiar, M.SC. dan Direktur Jenderal Perencanaan Pertahanan Kemhan Laksda TNI Supo Dwi Diantara.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here