Kemhan Jadi Tuan Rumah Pada Kegiatan The 1st Indonesia-Canada Defence Dialogue (ICDD)


Jakarta – FBIPOST 

Indonesia melalui Kementerian Pertahanan menjadi tuan rumah kegiatan dialog pertahanan antara Indonesia dan Kanada pertama (The 1st Indonesia – Canada Defence Dialogue / The 1st ICDD) di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (22/4). Kegiatan The 1st ICDD berlangsung selama dua hari pada tanggal 22 dan 23 April 2024.

Delegasi Indonesia dipimpin Direktur Jenderal Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Mayjen TNI Bambang Trisnohadi, sementara dari pihak Canada dipimpin oleh Direktur Jenderal Keamanan Internasional Departemen Pertahanan Canada Mayjen Gregory Smith.

“Kita berkumpul tidak hanya sebagai perwakilan negara kita masing-masing, namun juga sebagai mitra dalam mencapai visi bersama, meningkatkan keamanan regional, dan memperkuat jalinan persahabatan antara Indonesia dan Kanada” ujar Dirjen Strahan dalam sambutannya.

Dialog ini mewakili inisiatif strategis Kementerian Pertahanan kedua negara yang bertujuan untuk memperdalam hubungan pertahanan bilateral dan membahas prioritas penting Indonesia dan Kanada bagi stabilitas keamanan kawasan dan sekitarnya.

“Hal ini mencerminkan komitmen bersama kita terhadap perdamaian dan bukti kekuatan hubungan diplomatik,” sambung Dirjen Strahan.

Sementara itu, Dirjen Keamanan Internasional Departemen Pertahanan Canada Mayjen Gregory Smith menyampaikan terima kasih khususnya kepada tuan rumah Kementerian Pertahanan RI atas sambutan hangat yang diberikan kepada delegasi Kanada.

“Dialog ini merupakan forum Kementerian Pertahanan Kanada dan Indonesia untuk memperkuat hubungan pertahanan bilateral dan membahas prioritas bersama untuk meningkatkan keamanan regional. Kemitraan dan kerja sama yang kuat sangat penting untuk memperkuat ketahanan kolektif kita, dan oleh karena itu kami sangat menghargai setiap peluang untuk bekerja sama dengan Indonesia guna menjaga perdamaian dan mempertahankan aturan global,” ujar Mayjen Gregory Smith.

Dialog pertahanan ini, menurut Mayjen Gregory adalah ekspresi nyata dari semakin berkembangnya kemitraan antara Kanada dan Indonesia. Ia berharap untuk dapat terus membangun komunitas semacam ini dengan Indonesia, Asia Tenggara, dan Asia berdasarkan rasa saling percaya dan saling menghormati.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here