Ditjen Renhan Kemhan Gelar Rakernisren Kemhan dan TNI Tahun 2024


Jakarta – FBIPOST 

Direktur Jenderal Perencanaan Pertahanan Kementerian Pertahanan (Dirjen Renhan Kemhan) Laksamana Muda TNI Supo Dwi Diantara membuka acara Rapat Kerja Teknis Perencanaan (Rakernisren) Kemhan dan TNI Tahun 2024 di Gedung M. Syafrudin Prawiranegara Lt.9 Renhan Kemhan RI, Jakarta.

Raker ini bertemakan “Pengelolaan Anggaran yang Akuntabel dan Transparan Dalam Mendukung Pertahanan yang Tangguh Guna Menjamin Kedaulatan dan Keunggulan Indonesia Maju”. Tema tersebut sejalan dan merupakan tindak lanjut dari hasil pelaksanaan Kegiatan Rapim Kemhan dan TNI 2024 yang sudah dilaksanakan.

Saat membuka acara, Dirjen Renhan Kemhan didampingi oleh Ses Ditjen Renhan Kemhan Brigjen TNI Djoko Wibowo, Dirminlakgar Ditjen Renhan Kemhan Laksma TNI Sa’ban Nur Subkhan, Dirdalprogar Ditjen Renhan Kemhan Marsma TNI Latif Ainul Yaki, Dirrenbanghan Ditjen Renhan Kemhan Brigjen TNI Suwarno dan Dirrenprogar Ditjen Renhan Kemhan Brigjen TNI Fitry Taufiq Sahary.

Rakernisren ini merupakan langkah strategis dalam rangka mengevaluasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan di tahun 2023 dan menelaah proyeksi rencana kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2024.

“Secara implementatif, kita harus melakukan langkah-langkah efektif dilandasi dengan komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas sesuai peran dan fungsi masing-masing, termasuk dengan melakukan tindakan korektif dan pengendalian pada agenda perencanaan anggaran tahun 2024,” kata Dirjen Renhan.

Ada 4 (empat) fokus pembangunan postur TNI yang terus dilanjutkan di tahun 2024, pertama; pembangunan kekuatan pokok TNI melalui modernisasi alutsista, kedua; pembentukan komponen cadangan dan komponen pendukung, ketiga; peningkatan kesejahteraan dan profesionalitas prajurit TNI dan keempat; memperkuat satuan tempur dengan membentuk satuan produksi pangan dan konstruksi.

Dalam rangkaian Rakernisren, peserta juga berkesempatan mendengarkan paparan dari beberapa narasumber, yaitu Deputi Polhukhankam Bappenas yang diwakili oleh Dirhankam Bappenas Erik Armundito, ST, MT, Ph.D dengan judul materi “Arsitektur Perencanaan Pembangunan Jangka Panjang Nasional dan Evaluasi MEF dan Rencana Pembangunan Postur Pertahanan 2025-2045”. Selanjutnya paparan Indikator Kinerja Utama Pada Rakernis Bidang Perencanaan Kementerian Pertahanan yang disampaikan oleh Deputi Perumusan dan Koordinasi Kebijakan Penerapan RB Kemen PAN-RB yang diwakili oleh Perencanaan Ahli Madya pada Asdep Perumusan dan Koordinasi Kebijakan Penerapan Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Agusdin Muttakin, Ak., CA., dan Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu yang diwakili oleh Direktur Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan Kementerian Keuangan Arif Wibawa, S.Sos., M.M. tentang “Reviu Pagu Anggaran 2024, Kualitas Perencanaan dan implementasi Sistem SAKTI”.

Dirjen Renhan berharap para peserta Rakernis tetap menjaga semangat, soliditas dan sinergitas dalam rangka pelaksanaan Perencanaan Pertahanan Negara yang lebih baik dan berkualitas. “Saya berharap dalam menyusun dokumen perencanaan pertahanan negara, komunitas perencana mampu meningkatkan koordinasi dan sinergitas dengan Kementerian/Lembaga terkait,” sambung Dirjen Renhan.

Kegiatan Rakernisren Tahun 2024 turut juga dihadiri Waasrenum Panglima TNI, Pejabat Eselon II dan III Kemhan, Mabes TNI, TNI AD, TNI AL dan TNI AU.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here