Menhan Prabowo Hadiri Peringatan HUT ke-78 TNI Tahun 2023


 
Jakarta – FBIPOST 


Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menghadiri Upacara Peringatan HUT ke-78 yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo selaku Inspektur Upacara (Irup), di Monumen Nasional, Jakarta, Kamis (5/10). Hari Ulang Tahun ke-78 Tahun 2023 ini mengusung Tema “TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju”.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun ke-78 kepada TNI yang bertugas dimanapun dan ucapan terima kasih atas dedikasi, keberanian, profesionalisme dan pengabdian seluruh anggota TNI yang telah menjadi benteng terdepan pertahanan negara, kekuatan pelindung rakyat, perisai penjaga NKRI, Pancasila dan UUD 1945.

“Saya senang, kepercayaan masyarakat terhadap TNI terus terjaga dan selalu menempati urutan teratas. Berdasarkan hasil survei per-September 2023 angka kepercayaan mencapai 83%-90%,” kata Presiden Jokowi.

“Modernisasi alutsista harus menjadi bagian penting dari pengembangan dan investasi industri pertahanan di dalam negeri sehingga harus di dorong untuk transfer teknologi, peningkatan SDM, dan mengutamakan produk dalam negeri,” tegas Presiden RI.

Di akhir amanat Presiden Jokowi menyatakan bahwa tahun ini akan memasuki tahun politik, dan menyampaikan pesan.

“Tetap jaga kondisi damai, segera padamkan percikan sekecil apapun. Berikan pemahaman pada masyarakat bahwa beda pilihan itu wajar. Menang dan kalah juga wajar. Tetap jaga sinergitas TNI dengan Polri, netralitas TNI, watak kesatria. Dan selalu jadikan Sapta Marga dan Sumpah Prajurit sebagai pegangan dalam bertindak,” pesan Presiden Jokowi.

Rangkaian acara HUT ke-78 TNI juga dimeriahkan oleh demo penerjunan 78 prajurit TNI dari 3 matra bersama anggota Polri yang melambangkan usia ke-78 TNI dan demo udara berupa helikopter dari 3 matra yang membawa bendera Merah Putih disusul fly pass helikopter TNI AD. Selain itu, ditampilkan drum band akademi TNI, demo kolone senapan, serta defile alutsista TNI AD, AL, dan AU.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here