Siapkan Generasi Penerus Bangsa, Wapres Berikan Pesan kepada Anak- Anak Indonesia

 


Semarang – Fbipost

Generasi muda merupakan investasi vital bagi masa depan sebuah bangsa, karena mereka yang akan menerima estafet kepemimpinan bangsa serta meneruskan dan memajukan negara ini ke arah yang lebih baik.


Saat menghadiri Puncak Peringatan Hari Anak Nasional ke-39 Tahun 2023 di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (23/07/2023), Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf memberi pesan kepada anak-anak Indonesia sebagai calon pemimpin bangsa untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.


“Anak-anakku sekalian, Kalian adalah calon pemimpin bangsa. Anak-anak harus sehat, cerdas, dan hebat. Pada saatnya nanti, tongkat estafet kepemimpinan bangsa ini akan kalian teruskan,” pesannya.


Lebih lanjut Wapres mengingatkan, sebagai seorang pemimpin kelak, anak-anak harus menguasai teknologi dan ilmu pengetahuan serta menjaga kecerdasan emosional.


“Seorang pemimpin tidak diukur dari kecerdasan akademis semata, tetapi juga kecerdasan emosional dan spiritualnya. Untuk itu, kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi dengan sebaik mungkin,” tegas Wapres.


Wapres juga berpesan untuk terus menjunjung nilai-nilai keluhuran serta manfaatkan waktu yang dimiliki dengan sebaik mungkin.


“Bersamaan dengan itu, jadilah unggul dalam karakter dan akhlak yang mulia. Optimalkan bakat dan asah semua potensi pada diri kalian. Gunakan waktu dengan baik dan lakukan hal-hal yang positif,“ imbuhnya.


Selanjutnya, Wapres meminta anak-anak Indonesia untuk terus meningkatkan rasa keingintahuannya akan hal-hal baru dan tetap menjaga keharmonisan dengan lingkungan sekitar.


“Masa depan terbentang luas di hadapan kalian. Miliki kemauan dan keingintahuan untuk mencoba dan belajar hal-hal baru. Miliki kepedulian terhadap lingkungan dan dunia di sekitar kalian,” urai Wapres.


Menutup sambutannya, Wapres berpesan agar anak-anak memahami kebaikan dan kekurangan teknologi digital. Begitu juga dengan media sosial, dan penyebaran informasi yang semakin luas, sehingga kemajuan teknologi betul-betul mendatangkan kebaikan bagi semua.


“Anak-anak Indonesia harus bijak dan cerdas bermedia sosial, juga berhati-hati dengan hoaks. Pilah, pilih, dan bagikan informasi yang baik dan benar. Gunakan internet untuk belajar dan memperkaya ilmu pengetahuan agar semakin berprestasi,” tutup Wapres.


Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa dalam rangkaian peringatan Hari Anak Nasional kali ini meliputi beberapa agenda yang telah diselenggarakan sebelumnya dan telah diperdengarkan apa yang menjadi harapan anak-anak. Untuk itu, Ganjar mengajak para pemangku kepentingan untuk berupaya mengakomodir harapan tersebut.


“Beberapa event diselenggarakan, menarik kita mendengar ide, gagasan, harapan akan rasa aman, nyaman dan seluruh akses bisa didapatkan, inilah yag menjadi catatan kita untuk bersama menyayangi, melindungi dan memastikan apa yg menjadi harapan mereka tercapai, masa depan Indonesia harus kita siapkan dengan baik,” ujar Ganjar.


Turut hadir dalam acara ini Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, pimpinan tokoh masyarakat, serta para tokoh pemerhati anak.


Sementara, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono W.S., Staf Khusus Wapres Mohamad Nasir, Masduki Baidlowi, Robikin Emhas, dan Zumrotul Mukaffa. 

**


 Advertisement Here
 Advertisement Here