Karorenku Setjen Kemhan Buka Bimtek P3DN, Harapkan di Tahun Anggaran 2024 TKDN Mencapai 40 Persen


Jakarta – FBIPOST 

Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Setjen Kemhan Brigjen TNI Frans Dicky Tamara membuka Bimtek P3DN tentang Komitmen Penggunaan Produk Dalam Negeri Dalam Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan UO Kemhan TA. 2023, di Gd. Piere Tendean Kemhan, Selasa (18/7).

Dalam sambutannya Karorenku menegaskan bahwa Bimtek ini merupakan perwujudan atas target dari Presiden RI tentang belanja APBN untuk produk dalam negeri yang berfokus pada pembelian barang atau jasa mikro, usaha kecil dan koperasi sebagaimana tertuang dalam Inpres No. 2 Tahun 2022 serta dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi nasional.




“Gerakan bangga buatan Indonesia akan menjadikan produk dalam negeri kita menjadi tuan rumahnya sendiri di negeri tercinta ini. Kemhan berupaya meningkatkan penggunaan produk dalam negeri dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal 25% atau lebih yang merupakan kewajiban bagi pengguna dan produsen atau penyedia produk dalam negeri,” ujar Karorenku.

Brigjen TNI Frans Dicky Tamara berharap di tahun 2024, TKDN dapat mencapai 40% berdasarkan Pasal 61 Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri.

Hadir beberapa narasumber dalam bimtek ini yaitu Tim P3DN Kementerian Perindustrian, PT. Sucofindo, PT. Surveyor Indonesia dan Kepala Subdit Pengelolaan Sistem Informasi Eksternal Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan Kementerian Keuangan.*

 Advertisement Here
 Advertisement Here