Kapus Infostrahan Bainstrahan Kemhan Gelar Rapat Strategic Information Exchange AOE Tentang Perkembangan Tren Terorisme



Jakarta – Fbipost

Kepala Pusat Informasi Strategis Pertahanan Bainstrahan Kemhan Brigadir Jenderal TNI Robi Herbawan membuka Rapat Strategic Information Exchange Asean Our Eyes Tentang Perkembangan Tren Terorisme, di Kemhan, Jakarta, Rabu (26/7).


“Kawasan Asia Tenggara menjadi salah satu kawasan yang sering menjadi sasaran terorisme lintas negara. Beberapa upaya telah dilakukan oleh ASEAN, salah satunya kerja sama menteri pertahanan negara-negara ASEAN dalam lingkup “ASEAN Our Eyes (AOE)” sebagai upaya pencegahan tindakan ekstrimisme, radikalisme, dan terorisme.


Dalam mekanisme AOE ini, negara ASEAN dapat saling bertukar informasi strategis (Strategic Information Exchange/ SIE) yang dapat digunakan untuk membantu menanggulangi terorisme. Oleh karena itu, menurut Brigadir Jenderal TNI Robi Herbawan pembaharuan informasi strategis yang didapatkan nantinya akan sangat membantu dalam mempertajam asumsi atau prediksi situasi, serta mendukung dalam pengambilan keputusan yang tepat dalam upaya penanggulangan radikalisme, ekstrimisme dan terorisme.





“Kementerian Pertahanan berharap pertemuan ini dapat saling memberikan informasi dan masukan dari berbagai perspektif, khususnya modus baru, antisipasi dan strategi, upaya pencegahan, penanggulangan paham radikalisme pada tindakan terorisme, serta upaya deradikalisasi yang tepat,” tambah Kepala Pusat Informasi Strategis Pertahanan Bainstrahan Kemhan.


Turut hadir dalam Rapat Strategic Information Exchange Asean Our Eyes yaitu Wakil Rektor UKI Ibu Angel Damayanti, S.IP., M.Si., M.Sc., Ph.D selaku narasumber, Pejabat Eselon III Kementerian dan Lembaga, Staf Intelijen dan BAIS TNI, serta Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Kementerian Pertahanan. 

**


 Advertisement Here
 Advertisement Here