Dukung Percepatan Penanggulangan Stunting di Banyuasin, Wapres Tinjau Program Bedah Rumah di Desa Rimba Balai



Banyuasin – Fbipost

Usai menghadiri Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menuju Desa Rimba Balai untuk meninjau Program Bedah Rumah Bagi Keluarga Beresiko Stunting, Kamis (06/07/2023).


Dalam peninjauan tersebut, Bupati Banyuasin Askolani menjelaskan bahwa di Kabupaten Banyuasin terdapat 43 ribu unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Sampai dengan tahun 2023 telah dilakukan penanganan RTLH sejumlah 11.093 unit. Sehingga tercatat sisa RTLH Kabupaten Banyuasin sebanyak 19.191 unit.


Adapun sumber dana penanganan RTLH tersebut, Askolani mengungkapkan, berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), Bantuan Gubernur, Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN), Dana Desa, Corporate Social Responsbility (CSR), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Aspirasi (gotong royong masyrakat), Eselon II, dan Camat.


Sementara, Askolani menjelaskan, untuk Kampung KB Desa Rimba Balai yang hari ini ditinjau Wapres, akan dibangun 100 unit rumah, dan yang sudah dibangun sebanyak 19 unit dengan biaya 35 juta rupiah per rumah.


“Ini rumah dengan konsep rumah sehat yang produktif, rumah ini kami kerjakan dengan gotong royong,” ujar Askolani.


“Kenapa dikatakan rumah sehat, rumah ini dilengkapi dengan semua fasilitas termasuk sanisitasinya, termasuk air bersih, dan juga toilet yang baik, yang bagus,” tambahnya.


“Penduduk yang menempati [rumah] ini, yang tinggalnya di mana?” tanya Wapres.


“Diutamakan yang ada di desa ini dan Kecamatan Banyuasin III Pangkalan Balai,” jawab Askolani


Dalam acara tersebut, juga diberikan bantuan sosial (bansos) dari Wapres kepada Gubernur Sumsel berupa Program Keluarga Harapan Tahap 3, sebanyak 269.424 total bantuan Rp199.427.525.000; serta asistensi rehabilitasi sosial pada semester II senilai Rp1.128.961.960.


Selain itu, Wapres juga memberikan bansos dari Wapres kepada Bupati Banyuasin, berupa Program Keluarga Harapan Tahap 3, sebanyak 23.849 total bantuan Rp17.232.950.000; kepada 5 keluarga penerima manfaat program keluarga harapan, dengan total Rp4650.000; serta asistensi rehabilitasi sosial kepada disabilitas, kepada 5 penerima manfaat, dengan total Rp21.608.000.


Mendampingi Wapres dalam peninjauan tersebut, Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono W.S., Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Robikin Emhas, dan Arif Rahmansyah Marbun, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma dan Sukriansyah. 

**

 

 Advertisement Here
 Advertisement Here