Tim Gabungan Padamkan Kebakaran Lahan di Kotawaringin Barat


Kalteng - FBIPOST

Telah terjadi kebakaran lahan pada Jumat (30/12) pada pukul 15.00 WIB waktu setempat. Kebakaran tersebut malanda Desa Kumpai Batu Bawah Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah.

Berdasarkan laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB pada Sabtu (31/12), sebanyak 27 hektar lahan di wilayah tersebut terbakar selama kurang lebih tiga jam. Tidak ada laporan adanya dampak lain seperti kerusakan rumah warga ataupun warga luka-luka.

Pada saat kejadian, Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat bersama Tim Gabungan langsung menuju lokasi terdampak untuk melakukan pemadaman dan pendinginan dengan mengerahkan tim darat menggunakan tangki water supply, selang dan jet shooter. Api berhasil dipadamkan pukul 18.12 WIB.

Meskipun Indonesia masih berada di musim penghujan, potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan masih sangat mungkin terjadi. BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyararakat serta seluruh pemangku kebijakan agar tetap waspada dan melakukan patroli di wilayah yang rawan terjadinya kebakaran serta menyiapkan tim dan peralatan untuk melakukan pemadaman jika terjadi kebakaran.**

 Advertisement Here
 Advertisement Here