Rupom Artha Gading Diproyeksikan Mampu Atasi Genangan di Tiga Kelurahan


Jakut - FBIPOST

Pembangunan Rumah Pompa (Rupom) Artha Gading di Jalan Boulevard Artha Gading, Jakarta Utara, telah rampung. Dalam waktu dekat, akan dilakukan uji operasional pompa sebelum diserahkan ke Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta.  


Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Utara, Adrian Mara Maulana mengatakan, Rupom Artha Gading ini mampu meminimalisir genangan di wilayah Kelurahan Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading Timur dan Kelurahan Pegangsaan Dua.

"Rumah pompa ini akan menarik air dari Saluran Phb Artha Gading langsung ke Kali Sunter, untuk selanjutnya dialirkan ke laut," bebernya, Selasa (17/1).


Dilanjutkan Adrian, pihak kontraktor sudah melakukan test comisioning pompa dengan Dinas SDA DKI Jakarta di awal Januari ini. Secara teknis Rupom Artha Gading dilengkapi tiga pompa dengan kekuatan masing-masing dua unit pompa berkapasitas 3.000 liter perdetik dan satu pompa 1.000 liter perdetik.

Selain pompa air, Rupom Artha Gading juga dilengkapi dua unit pompa lumpur dengan kekuatan masing-masing 250 liter per detik. serta pintu air.

Kepala Satuan Pelaksana SDA Kecamatan Kelapa Gading, Citrin Indarwati menilai, keberadaan rupom efektif meminimalisir genangan. Dia mencontohkan, saat terjadi hujan deras dengan intensitas lama pada 1 Januari 2023 lalu, pembukaan pintu air rupom efektif mengatasi genangan di Jl Raya Gading Kirana.

"Bila hujan deras yang lama, genangan di jalan itu bisa ketinggian 50 sentimeter. Kemarin hanya sekitar 10 sentimeter dan waktu surutnya lebih cepat," ungkapnya.  **

 Advertisement Here
 Advertisement Here