Kawasan Gunung Antang Kembali Dibersihkan dan Mulai Ditanami Pohon


Jaktim - FBIPOST

Kawasan Gunung Antang, RW 09 Kelurahan Palmeriam, Matraman, Jakarta Timur, yang bulan lalu ditertibkan, kembai dibersihkan petugas gabungan Kecamatan Matraman, Minggu (15/1).


Camat Matraman, Bambang Pangestu mengatakan, sebanyak 250 personel gabungan yang terlibat dalam kegiatan ini membersihkan puing dan pilar sisa bangunan liar yang telah ditertibkan, serta membongkar 10 bangunan semi permanen yang masih berdiri di kawasan tersebut.

"Kita juga menanam 35 pohon Mahoni di lokasi ini," kata Bambang, saat memimpin kegiatan kerja bakti ini.


Dia mengungkapkan, 250 personel gabungan yang terlibat dalam kegiatan ini terdiri dari Satpol PP, PPSU, Satgas SDA, Bina Marga, Lingkungan Hidup, UPK Badan Air Dinas LH DKI.

Kemudian, Satgas Sudin KPKP, aparatur kelurahan dan kecamatan, pengurus RT/RW, LMK dan FKDM, serta dibantu aparatur TNI dan Polri.

Menurut Bambang, kawasan yang sebelumnya dijadikan lokalisasi liar ini akan ditata menjadi area penghijauan dan urban farming. Lokasi yang berada di pinggir rel kereta api ini bakal ditanami berbagai jenis tanaman hias, pohon produktif dan pelindung, tanaman obat keluarga dan aneka sayur mayur.

"Nantinya Sudin KPKP serta Sudin Pertamanan dan Hutan Kota akan melakukan penataan dan penanaman tanaman di lokasi ini," ungkap Bambang.

Untuk informasi, kawasan Gunung Antang yang sebelumnya dikenal sebagai tempat 'esek-esek' liar kelas bawah, pada 30 Agustus 2022 lalu, telah ditertibkan petugas gabungan Pemkot Jakarta Timur dan PT KAI. Sebanyak 120 bangunan liar di lokasi itu dibongkar petugas.**
 Advertisement Here
 Advertisement Here