Kapolres Lampung Barat pimpin Apel gelar Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam

 


Lampung Barat - FBIPOST


Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyantho,S.Ik.,M.H., memimpin Apel gelar pasukan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam di Wilayah hukum Polres Lampung Barat, yang bertempat di Lapangan Apel Mako Polres Lampung Barat, Senin (10/10/2022)


Turut hadir dalam apel gelar tersebut Dandim 0422/Lb Letkol CZI Anthon Wibowo, ketua PMI Lampung Barat Edi Novial, S. Kom, Waka Polres Lampung Barat Kompol Robi B. Wicaksono,S.H. serta perwakilan dari instansi terkait seperti BPBD, Dishub, Pol PP, Dinas Kesehatan, Dinas PU.


Dan Apel tersebut diikuti oleh Instansi lain, yaitu 1 pleton personil Kodim 0422/Lb, 1 Pleton Sat Pol PP, 1 Pleton BPBD, 1 Pleton Dishub, dan 1 pleton PMI Kabupaten Lampung Barat.


Dalam amanatnya Kapolres Lampung Barat, menyampaikan apel kesiapan ini dilaksanakan dalam rangka pengecekan kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana polri beserta unsur terkait sebelum melaksanakan tugas dilapangan, guna mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Kab. Lampung Barat dan Kab. Pesisir Barat.


“Saya mengajak kepada kita semua agar bersama-sama saling berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk saling meningkatkan kapasitas kita dalan peningkatan kesiapsiagaan.


Ancaman yang semakin meninggi mengenai bencana ini, harus kita hadapi dengan pengelolaan penanganan bencana secara lebih baik.,”terang Kapolres.


Ada beberapa hal yang akan saya tekankan, yaitu tingkatakan sinegritas antar stakeholder dalam upaya mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.


Lakukan pendekatan secara preventif kepada masyarakat terkait peran serta dalam menghadapi bencana,”lanjut Heri.


Menyiapkan mental dan fisik yang prima dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi sekaligus menghindari ego sektoral dalam penanganan bencana.


Dan lakukan koordinasi untuk menyiapkan lokasi pengungsian dan jalur evakuasi,”ujar Heri.


“Serta laksanakan pelatihan secara intens dan terpadu terhadap personil yang akan ditugaskan, sehingga mereka siap dalam menjalankan tugas dan fungsinya.


Pengecekan secara intens dan berkala terhadap seluruh peralatan, agar peralatan tersebut siap pakai pada saat digunakan,”ujar Heri.


( Rohman )

 Advertisement Here
 Advertisement Here