Dalam Momen HUT Ke-77 RI, Polda Maluku Pindahkan Patakan Salawaku Emarina ke Mako Baru di Tantui


Ambon - FBINEWS 

Polda Maluku memindahkan Pataka Salawaku Emarina, ke Markas Komando (Mako) baru di daerah Tantui, Kota Ambon, pada saat peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Rabu (17/8/22).

Pataka Salawaku adalah panji atau bendera identitas dan kebanggan Polda Maluku. Proses tersebut juga menandai bahwa Mako Polda Maluku secara resmi dipindahkan dari Jalan Rijali di pusat kota ke Tantui yang menghadap Teluk Ambon.

"Pada hari ini Rabu, 17 Agustus 2022, saya Inspektur Jenderal Polisi Lotharia Latif, selaku Kepala Kepolisian Daerah Maluku menyatakan bahwa Pataka Polda Maluku Salawaku Emarina dan markas Kepolisian Daerah Maluku secara resmi dipindahkan," kata Kapolda Maluku, Irjen. Pol. Drs. H. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Kapolda Maluku dalam amanatnya, menyampaikan rasa syukur telah menjadi pelaku sejarah dalam proses pemindahan pataka Polda Maluku di momen peringatan hari Kemerdekaan ke-77 RI.

"Dan saya merupakan Kapolda Maluku yang ke-49, berharap agar kita semua dapat melakukan yang terbaik. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan perlindungan, keselamatan bagi kita semua dalam memberikan pelayanan dan perlindungan terbaik kepada masyarakat bangsa dan negara,” ujarnya.


Kapolda mengatakan, markas Polda Maluku lama diresmikan sudah sejak 20 Maret 1979, dengan nama Mako Polda Maluku XX Polisi Drs. R. Istamba.

"Sudah 43 tahun lima bulan kita bersama berada di tempat ini, di bangunan yang bersejarah ini, yang telah memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat Maluku, yang ditorehkan dengan suka duka, prestasi dan air mata," katanya.

"Suka dan duka serta pengorbanan air mata dan prestasi dan semua itu juga telah dilakukan oleh para pendahulu kita dengan gigih. Dan olehnya itu pada hari ini kita semua bersama-sama dan saya selaku Kapolda Maluku yang ke-49 dari 48 Kapolda sebelumnya yang telah memberikan pengabdian yang terbaik untuk kesatuan kita ini, maka marilah pengabdian ini kita teruskan dengan semangat jiwa dan raga kita," ungkap Kapolda Maluku.

Pemindahan Pataka Salawaku Emarina dilakukan melalui upacara yang dipimpin langsung oleh Kapolda, dari gedung lama dan dilanjutkan di gedung baru Mapolda Maluku.

Wakapolda Maluku, Brigjen. Pol. Jan Leonard de Fretes, bersama seluruh pejabat utama Polda Maluku dan Kapolresta Ambon, hadir dalam upacara pemindahan Pataka Salawaku Emarina dan Kantor baru Polda Maluku tersebut.

 Advertisement Here
 Advertisement Here