Wujudkan Indonesia Emas 2045, Kapolri Dorong Sinergitas TNI-Polri


 

Jawa Tengah - FBINEWS

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, memperkuat sinergitas TNI-Polri menjadi salah satu kunci utama dalam menyukseskan visi Indonesia Emas di tahun 2045 mendatang.

"Sehingga dapat mengawal kebijakan pemerintah serta mampu menghadapi ancaman, tantangan dan gangguan kamtibmas dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045," kata Sigit saat menjadi pembicara di Apel Dansat TNI AD di Akademi Militer, Magelang, Jateng, Jumat (24/6/2022).

Sigit memaparkan, ada empat pilar untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Pertama, manusia Indonesia unggul, berbudaya, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kedua, ekonomi yang maju dan berkelanjutan. Ketiga, pembangunan yang merata dan inklusif. Serta keempat, negara yang demokratis, kuat, dan bersih.

"Ini semua bisa terwujud jika syaratnya satu, mewujudkan negara, kekuasaan, soliditas TNI-Polri terjaga dengan baik. Namun jika tidak, pernah mimpi mewujudkan visi ini," ujar Sigit.

Lebih lanjut, Sigit menyebut pemerintah sedang menyiapkan pembangunan SDM dan infrastruktur yang unggul. Oleh karena itu, dia mengatakan TNI-Polri dan seluruh pemangku kepentingan terkait harus bersinergi.

"Arahan pak Presiden beliau ingin TNI-Polri menjadi institusi yang profesional dan bekerja secara sinergis. Ini tentunya perintah Panglima tertinggi untuk kita semua. Terkait kerja sama dan sinergitas kita tindaklanjuti dengan dasar hukum yang ada," katanya.

Sigit menegaskan, sinergitas TNI-Polri juga sangat dibutuhkan untuk mengawal proses pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur. Menurut Sigit, pemerintah mengeluarkan kebijakan Indonesia sentris.

"Hambatan pembangunan IKN menjadi kewajiban TNI-Polri yang mengawal kegiatan IKN, terkait dengan distribusi bahan pembangunan, permasalahan tanah dan permasalahan lainnya," tutup Sigit pembukaan presentasinya.


Source: humaspolri 

 Advertisement Here
 Advertisement Here