Kecamatan Ciampea Gelar Sosialisasi Sanitasi Total Berbasiskan Masyarakat, Dan Bentuk Pokja Desa Sehat

 


 
CIAMPEA - FBINEWSJABAR.COM

Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor mengadakan Sosialisasi , Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) bersama Ketua TP PKK desa se-kecamatan Ciampea, Sekaligus pembentukan kelompok kerja desa sehat.


Chaerudin Felani, MM  Camat Ciampea memaparkan 'STBM adalah pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan. Sedangkan Pilar STBM adalah perilaku higienis dan saniter yang digunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.




Untuk kecamatan sendiri sudah dibentuk kecamatan sehat 23 desember 2021 dan dikukuhkan 11 Januari 2022 "terang Felani


Sementara Aan Surya Kordinator ketahan pangan dan gizi kabupaten Bogor, menjelaskan, hari ini adalah sosialisasi  Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), tapi yang utamanya adalah pembentukan  Kelompok Kerja Desa Sehat.


Lanjut Aan tujuan ialah Tercapainya kondisi Desa yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain, sehingga dapat meningkatkan sarana dan produktivitas dan perekonomian masyarakat.

 Secara Rinci Aan menerangkan 9 tatanan Desa Sehat

1. Tatanan Permukiman, Sarana dan Prasarana ;

2.Tatanan Sarana Lalu Lintas Tertib & Pelayanan Transportasi ;

3.Tatanan Industri dan Perkantoran ;

4.Tatanan Kawasan Pariwisata ;

5.Tatanan Ketahanan Pangan dan Gizi ;

6.Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri ;

7.Tatanan Kehidupan Sosial yang Sehat

8. Kawasan rumah ibadah

9, Desa sehat, Kecamatan Sehat dan Kabupaten Sehat


Hal ini disambut baik oleh ketua APDESI kecamatan Ciampea H Yani, menurutnya ” hal ini kita sambut baik sekali karena hal ini adalah Program untuk pembentukan peningkatan kesehatan masyarakat yang terdiri dari tim kabupaten kecamatan dan tingkat desa sinergi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat” ungkapnya


Menurut kepala desa Cihideung udik ( H Deni), “program ini gayung bersambut dengan program yang sudah di rintis di desanya karena terkendala dengan pandemi dengan adanya program dari kabupaten kami sambut baik dan hal ini akan di sosialisasikan kedesanya dalam Program ” KARUNG” ( Kamis ngariung ) ala Cihideung udik yang kemudian kami follow up dengan pembentukan Pokja di tingkat desa” tegasnya.


Acara yang berlangsung di Badminton Sport Hall kecamatan Ciampea, di hadiri oleh camat Ciampea ( Chaerudin Felani ), Aan Surya ( koordinator ketahanan pangan dan gizi kabupaten Bogor ) para kepala desa sekecamatan Ciampea beserta ketua TP PKK sekecamatan Ciampea.


Aki Kasdi Botak

 Advertisement Here
 Advertisement Here